7 Tren Transformasi Digital Di Era Milenial

Mendengar nama teknologi Kita akan menggambarkan segala sesuatu yang pernah Kita lakukan bersama teknologi, baik teknologi di bidang transportasi maupun digital. Memang kemajuan dan perkembangan yang ada dari tahun ke tahun selalu memberikan suguhan berupa inovasi baru dan terkini, sehingga tujuan untuk memberikan kepuasan baik pelayanan maupun transformasi di segala aspek sangat dirasakan manfaatnya dan juga dapat dijadikan ladang bisnis untuk menunjang sektor bisnis dan industri serta informasi.

Untuk Tren Transformasi Digital, tahun 2020 ini banyak diramaikan dengan hadirnya Cloud, Edge Compute, lOT, dan Augmented Reality (AR) serta disusul dengan 5G, Artificial Intelegent (AI), serta Analytics Data Lanjutan. Untuk lebih mengetahui dengan jelas tentang Transformasi digital di Era Milenial, Kita simak ulasannya berikut ini:

1. Teknologi 5G
Awal 2020 teknologi 5G telah dikembangkan oleh beberapa negara sebagai langkah uji coba sebelum dikembangkan ke ranah yang lebih luas. Beberapa Perusahaan tengah menggenjot formula dalam penerapan 5G seperti Qualcomm, AT&T, Verizon, Nokia, Ericsson, dan Huawei. Beberapa raksasa telekomunikasi juga sedang bersiap siap untuk meluncurkan gadget 5G dalam waktu dekat, dan tentunya ini yang paling dinanti oleh semua warga dunia tentang produk smartphone terbaru berbalut 5G untuk pelayanan jaringan yang lebih baik.

Teknologi 5G menjanjikan kecepatan broadcast yang lebih baik serta jaringan selular yang lebih handal. Proliferasi 5G juga akan memberikan kemajuan yang signifikan di smart city, kendaraan pintar, manufaktur pintar, dan sejumlah teknologi intensif lOT yang dalam operasioalnya membutuhkan 5G. Jadi, kehadiran 5G tidak hanya ditransformasikan dalam ponsel, melainkan semua platform yang bergerak dalam bidang Industri serta menyentuh kehidupan sehari-hari akan merasakan evolusi teknologi 5G.

2. WiFi Yang Lebih Cepat
WiFi mendapatkan update pembaharuan menjadi WiFi 6. WiFi 6 dan 5G tentunya memiliki jalur yang berbeda, namun tetap menjadi partner yang kompak dalam pemrosesan dan kecepatan internet nirkabel di tahun 2020 ini. Kedua jaringan tersebut akan bekerja sama dalam menciptakan sebuah kombinasi sangat cepat yang sempurna, serta dapat digunakan baik di rumah maupun di kantor. Dalam sektor unduhan akan semakin di maksimalkan serta akan jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

3. Analytics
Data analytic merupakan salah satu sistem paling dibutuhkan untuk mempercepat proses pendataan bagi pelanggan, konsumen, maupun nasabah yang ingin dapat mengakses semua data yang mereka butuhkan dalam akun mereka secara cepat dan tepat. Bagi Perusahaan yang belum menggunakan data analisis, maka akan jauh tertinggal dalam hal manajemen pengelolaan data maupun untuk sistem informasi akuntansinya.

4. AI dan Machine Learning
Ai dapat dikawinkan dengan data analytic untuk memudahkan mengarungi lautan informasi dan sangat luas serta bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membantu pekerjaan Anda. Point Machine Leraning dan AI dapat disaring menjadi tiga proporsi seperti skala, kecepatan, dan kenyamanan.

5. Blockchain
Samsung, Microsoft, Alibaba, dan IBM bermain dalam ruang ini bersama dengan “Blockchain As A Service” sebagai platform mereka dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan. Blockchain sebagai layanan WEB dari raksasa Amazon pimpinan orang terkaya nomor 1 di dunia yaitu Jeff Bezos akan mendemokratisasi teknologi ini pada tahun 2020

6. RPA (Robotic Process Automation)
RPA merupakan dasar dari AI yang pada tahun 2020 menjadi investasi terbesar di dunia. Sebagaimana Amerika Serikat dan Jepang yang sudah membenamkan teknologi tersebut dalam bentuk Robot yang nantinya berfungsi sebagai assistant worker dalam mempermudah pekerjaan, partner dalam layanan dan penyimpanan data serta penunjang teknologi lainnya dengan pendampingan sistem digital robotic untuk membantu pekerjaan manusia.

7. Privacy Digital
Banyaknya kasus pembobolan akun dan data baik yang menyerang media sosial maupun data pribadi perusahaan dan juga kemiliteran memang rentan dan memicu terjadinya perang siber masing masing negara yang dinakhodai oleh hacker ternama sebagai salah satu bentuk perang di dunia maya. Ini menjadi sebuah kasus besar, karena jika data sebuah negara dicuri atau hilang, maka secara perekonomian dan keamanan negara jelas akan terancam dan berakibat terjadinya perang senjata yang lebih masif. Untuk itu, Privacy Digital dibuat untuk memberikan pelayanan keamanan yang lebih baik, serta menyimpan data lebih rahasia dengan kode dan password yang berwujud kombinasi numerik.

About The Author

Reply