Bisnis Online Tanpa Modal? Kenapa Tidak!

Dunia teknologi selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan kesesuaian hidup yang lebih baik. Dan itulah mengapa banyak sekali peluang bisnis melalui media online yang marak dilakukan oleh semua orang seperti online shop yang menjamur. Hampir semua orang yang memiliki bisnis pakaian pada awalnya ataupun baru saja terjun dalam dunia online shop, dengan modal secukupnya bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Memanfaatkan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, dan juga Blog dan website gratis tanpa biaya bulanan, adalah sebuah bidikan besar yang telah dilakukan, dan menghasilkan pemasukan yang luar biasa.

Namun bagaimana yang memang tidak punya modal sama sekali, dan hanya mengandalkan keilmuan yang dimiliki,sementara peluang usaha saat ini tidak menjanjikan untuk posisi tersebut? Jangan khawatir! Bagi yang belum mengetahuinya, ada banyak peluang usaha dalam hal teknologi yang mengandalkan kita untuk kreatif dalam bersaing di media sosial dan juga pekerjaan menjanjikan dengan pendapatan yang besar, hanya duduk dan bekerja,serta rekening anda akan mengalir setiap harinya. Mari kita simak peluang peluang yang bisa dibuat dengan sederhana namun indah.

1. Dropshipping
Inilah bisnis tanpa modal yang pertama bisa anda coba. Dropshipping adalah menjual produk dari orang lain. Penghasilan yang anda dapatkan adalah dari selisih harga dari bayaran pembeli, dan yang anda bayarkan ke penjual. Istilah zaman dulu dikenal dengan nama makelar. Namun makelar sekarang lebih profesional dan kekinian, serta memanfaatkan media sosial dengan cermat dan tepat. Tidak seperti reseller, anda bisa menyimpan barang tersebut jika proses jual bel tidak mencapai kesepakatan harga, dan anda bisa menawarkan ke orang lain.

2. Afiliasi
Pekerjaan ini hampir sama dengan dropshipping, namun perbedaan nya terletak pada harga komisi yang anda dapatkan, dengan melalui perjanjian sebelumnya. Jika dropshipper menentukan harga lebih untuk keuntungan usaha promosinya, maka Afiliasi membuat sebuah kesepakatan komisi, mungkin 20 – 50 % dari barang yang dijual, tergantung pada jenis barang serta berat ringannya barang tersebut dalam promosi di media, mengingat tidak semua orang menyukai atau mencarinya.

3. Les Private
Anda yang ahli dalam bidang bahasa atau pendidikan keilmuan lainnya, anda bisa memulai usaha les private di rumah untuk pelajar dan juga umum, terutama bagi mereka yang tergiur oleh tawaran bekerja diluar negeri namun wajib mengikuti kursus kilat 3 bulan untuk dapat mahir berbahasa asing. Cukup modalnya adalah ilmu anda yang diterapkan saja, serta anda bisa download materi materi yang sesuai dengan pelajaran anak anak sekolah, maupun materi singkat untuk para calon ABK maupun ART.

4. Youtuber
Mungkin anda merasa iri dan ingin seperti artis artis terkenal yang sudah menjadi Youtuber sebagai usaha sampingan mereka, serta meraup milyaran setiap bulannya. Siapa yang tak kenal Channel Baim Paula, Rans Entertainment, Atta Halilintar, Ria Ricis, atau musisi lokal kelas nasional yang merambah dunia Youtube dari nol hingga terkenal sampai sekarang dengan melakukan cover lagu maupun aksi prank lucu dan social experiment seperti Tri Suaka, Aya Ibrahim, atau acara Mukbangnya Tanboy Kun, Nick Carloss, dan dunia otomotif yang dikuasai oleh Fitra Eri dan Om Mobi, juga acara interview berkualitas ala Dedy Corbuzier dengan podcast yang viral dengan juataan viewer setiap tayanganya. Anda bisa memulai menjadi Youtuber dengan ide kreatif yang anda miliki, sehingga orang sederhana seperti Pak Ndul dengan akting boo-nya dan kata kata yang tidak nyambung, namun pada akhir tayangan menyisipkan pesan moral yang sangat inspiratif.

5. Desain Grafis
Jasa ini laku dipasaran dengan memanfaatkan Corel sebagai senjata utama untuk membuat gambar dan desain sesuai pesanan, serta anda bisa melakukan penawaran untuk harag yang harus dibayarkan, juga bisa mengikuti kompetisi yang diadakan online secara nasional maupun internasional. Seperti yang pernah viral yaitu 99 Design yang melibatkan anak kampung gaptek komputer menjadi master desain dengan hasil karya yang fenomenal dan memiliki nilai jual tinggi.

6. Influencer
Anda tentunya memiliki akun seperti Instagram yang sampai sekarang menjadi salah satu aplikasi yang digunakan juga untuk mempromosikan produk dari sebuah perusahaan dan menjadi endorse untuk produk tertentu, serta mendapatkan bayaran dari setiap post yang anda lakukan baik di beranda maupun di Instastory. Ini salah satu pekerjaan tanpa modal dan hanya mengandalkan kecakapan anda dalam berbicara da komunikasi untuk menyampaikan produk tersebut. Kontrak biasanya berkaitan dengan jumlah tayangan video promosi yang anda buat, serta bonus untuk jumlah produk yang dijual jika melebihi target.

7. Podcaster
Deddy Corbuzier terkenal dengan mentalist atau magician pada masa lalu, dan sekarang dengan julukan Father Of Youtube mulai mengembangkan sayapnya hingga popularitas channel-nya dengan Podcast. Podcast yaitu sebuah wawancara dengan tokoh yang berpengaruh dan sedang viral pada masa saat ini. Dengan mengetengahkan tema yang atraktif serta up-to-date hingga pembahasan yang panas dan bersinggungan dengan keadaan yang terjadi. Anda yang lihai dan mahir dalam hal komunikasi, bisa mengambil peluang ini dalam akun Youtube anda. Anda bisa wawancara dengan tokoh masyarakat lokal di daerah anda, atau orang orang penting untuk menguak kehidupan mereka, sehingga menjadi inspirasi bagi orang lain dalam hal kebaikan.

8. Template Designer
Sering kita membuka sebuah laman website dengan banyak tampilan yang berbeda baik dari segi tema maupun warna dan juga tampilan yang wah dan banyak sekali variasinya. Jika anda tahu, itu semua kadang bukan website tersebut yang membuat template sendiri, melainkan untuk tema dasar atau template-nya dipercayakan pada Template Designer untuk membuat tampilan yang pas, dan sesuai dengan konten yang ditayangkan. Anda yang menyukai desain dan bakat dunia anda disitu, bisa dicoba dengan melakukan jasa promosi pembuatan template melalui media sosial maupun promosi melalui email ke berbagai perusahaan.

Itulah 8 peluang usaha tanpa modal yang dapat dijadikan usaha atau bisnis baru yang bisa dimainkan untuk usaha sampingan atau usaha utama. Inti dari mengambil peluang usaha ini adalah kesiapan fisik dan mental, serta konsep dan ide kreatif yang benar benar matang, serta ilmu, wawasan, pengetahuan, dan juga pengalaman baik diri sendiri maupun orang lain, yang bisa anda jadikan formula untuk membuat karya.

Selain itu manfaatkan juga komunitas di sekitar anda untuk mendukung dan juga mempromosikan karya anda baik untuk ikut menjual produk atau sebagai freelance gratis untuk mempromosikannya, dimulai dari keluarga dan sahabat, serta teman teman dunia maya baik di Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, LinkedIn, Pinterest, Tik Tok, dan media lain yang bisa menjual apa yang anda tawarkan, sehingga kombinasi antara kemampuan, media sosial, hubungan komunikasi antar teman, serta yang lainnya dapat menjadi satu kesatuan yang baik untuk usaha anda maupun hasil yang akan diterima.

About The Author

Reply