Cara Merawat Avanza Tanpa Harus Bolak Balik Bengkel

Avanza, sebuah produk buatan Toyota yang dari awal kemunculannya hingga saat ini masih menjadi raja, dan diklaim sebagai mobil sejuta umat. Dan memang Avanza ini menjadi sebuah produk yang banyak dipakai oleh konsumen, terlebih baik dari segi harga, kualitas, performa, dan juga fitur serta teknologi yang dibawanya telah membius masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki mobil digdaya ini.

Zaman Kolonial telah berganti menjadi Zaman Korona, yang menyebabkan semua orang untuk Work From Home, dan juga penerapan protokol Kesehatan disertai PSBB, karantina wilayah dan isolasi mandiri bagi yang OPD. Hal ini juga berimbas pada sektor otomotif, dimana untuk segmen penjualan juga mengalami penurunan baik inden maupun pesanan langsung dari dealer. Physical & social distancing membuat konsumen belum berani untuk berinteraksi baik dalam proses jual beli maupun proses perbaikan bulanan sesuai dengan catatan kilometer pada servis sebelumnya.

Untuk mencegah semakin buruknya kondisi mobil Avanza kesayangan Kita, maka Kita sebagai main driver harus benar benar memahami tentang bagaimana cara melakukan servis mandiri di rumah, sehingga suatu saat mobil mendadak dibutuhkan, maka mobil akan siap jalan dan Anda juga tenang dalam mengemudinya. Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam servis mobil secara mandiri sebagai berikut:

1. Kekurangan Mobil Avanza
Dalam hal melakukan servis dan perbaikan sebuah mobil, entah dalam jenis dan seri apapun, semua memiliki kekurangan baik itu versi SUV, LCGC, Supercar sampai dengan Hypercar. Dan khusus untuk Toyota Avanza, kekurangan yang bisa didapatkan dari beberapa versi dan tipe sebagai berikut;

a. Aki Mobil sering tekor karena disebabkan oleh komponen pada perangkat elektronik seperti wiper, audio, komponen pendingin lainnya didalam kabin mobil. Tanda aki tekor adalah mesin sulit dihidupkan, dan ketika hidup suhu aki akan cepat tinggi.

b. Tutup samping bagian foglamp pada seri G dan E sering terlepas, dikarenakan pengaitnya tidak terlalu tebal, sehingga jika terlepas akan mengganggu tampang ganteng Avanza ini.

c. Avanza memiliki tanda unik dengan velg yang menonjol keluar terutama dibagian depan.

d. Sirip ventilasi pada bagian tengah wiper akan mudah memudar sehingga membuat penampilanya menjadi lapuk dan mudah terjadi bintik putih.

e. Avanza terlalu empuk pada kecepatan rendah dan limbung pada kecepatan tinggi, dikarenakan lingkaran pegas spiral yang terlalu lebar sehingga tidak dapat menyongkong bodi serta shock absorber-nya.

f. Mesin kendaraan yang tiba tiba mati dengan sendirinya dikarenakan lama tidak dihidupkan, dan jika kondisi berulang terjadi maka Anda harus memeriksa sistem kabel kelistrikan entah itu kendur atau putus. Periksa juga alternator serta sistem pengapian atau aki yang bermasalah.

g. Terkadang lampu indikator oli tidak menyala disebabkan oleh sensor serta katup dalam yang rusak atau saringan olinya yang bermasalah.

h. Penurunan tenaga mesin sering terjadi dikarenakan pengaturan desakan bahan bakar yang rusak, penurunan sari kompres silinder, terhalangnya saringan bahan bakar, serta pemasangan timing belt yang kurang pas.

2. Perawatan Mobil Avanza
Dalam hal merawat mobil memang harus ekstra hati hati, teliti, dan juga sering memeriksa sehingga beberapa masalah yang sering terjadi tidak lagi berarti, Karena kondisi dan juga pemeriksaan rutin yang dilakukan. Nah, apa saja yang harus Kita lakukan untuk perawatan mobil Avanza secara mandiri? Simak tata caranya berikut ini;

a. Panaskan mobil 10 – 15 menit, sehingga oli mesin dapat bekerja secara maksimal sampai ke bagian yang terkecil.

b. Ganti oli mesin secara rutin sesuai dengan catatan kilometer servis, serta gunakan oli mesin yang berkualitas untuk memperpanjang usia mesin.

c. Bersihkan filter udara secara rutin agar saringan tidak kotor dan tidak mengalami penyumbatan untuk mencegah performa mesin berkurang.

d. Cek kondisi aki secara rutin, karena aki merupakan nyawa mobil untuk dapat bergerak dan berjalan. Bersihkan secara rutin dan cek ketersediaan air aki untuk yang aki basah dan aki kering dapat dilihat dari indikator akinya.

e. Periksa kondisi investor, choke, dan kompresi silinder. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan tidak rusak, sehingga masalah mati mesin dapat di hindarkan.

f. Periksa selalu radiator untuk menjaga overheating, serta pada sat mengisi air radiator, posisinya disesuaikan di antara volume full dan low.

3. Pergantian secara berkala
Berikut ini daftar komponen yang mengalami pergantian secara berkala pada mobil Avanza;

a. Sistem bahan bakar setelah digunakan lebih dari 1000 km setiap bulannya.

b. Oli mesin API SL 10.6.

c. Timing belt tipe EJ-VE 95.60.

d. Saringan pada oli mesin.

e. Pendingin mesin atau coolant.

f. Sistem pengapian pada mesin kendaraan.

g. Oli transmisi manual.

h. Oli roda gigi diferensial.

i. Minyak rem mobil.

j. Saringan bahan bakar yang ada di tangki.

k. Akumulator baterai.

Selain dari 3 hal utama, berkenaan dengan mengetahui kekurangan mobil yang Kita miliki, kemudian cara untuk perawatan, sampai dengan komponen apa saja yang wajib diganti setiap bulannya, tak lupa juga untuk selalu membersihkan bagian interior dan eksterior. Bagi Anda yang belum pernah membersihkan mobil kesayangan Anda sendiri, maka Anda sempatkan untuk melihat bagaimana orang orang yang pencucian mobil itu melakukan pencucian mobil, dan juga salon mobil, perhatikan juga apa saja yang digunakan, agar suatu saat dapat melakukan sendiri di rumah.

Menjaga dan merawat mobil adalah sebuah tanggung jawab yang dimana jika Kita siap untuk membeli maka Kita harus siap untuk merawat, dan dimana jika Kita siap untuk mengendarai, Kita juga sudah harus siap untuk memperbaiki. Itulah hukum penggunaan barang yang memang saling bolak balik dan juga saling mengingatkan satu sama lain. Hal yang paling penting juga adalah membeli atau memakai produk yang orisinal dan berkualitas. Banyak produk berupa spare part yang palsu dengan harga jual yang rendah, namun jika Anda sadar dengan keselamatan dan keamanan Anda dan keluarga Anda, maka berikan yang terbaik untuk mobil kesayangan Anda ini.

About The Author

Reply