Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Di Bidang Kesehatan

Teknologi menjadi teman setia untuk menemani kegiatan Kita baik dalam melakukan aktivitas sehari hari maupun berhubungan dengan pekerjaan, hiburan, sampai dengan kesehatan. Di Dunia kesehatan penggunaan teknologi memang mempunyai andil dalam mendukung proses kerja medis dalam hal menganalisis, membaca, mereka, sampai dengan penyimpulan sebuah penyakit sampai dengan pembuatan vaksin dan obat medis.

Kita telah masuk dalam revolusi industri 4.0 di mana semua negara mulai berbenah dan mengejar ketertinggalan untuk penyesuaian yang lebih baik dari proses sebelumnya. Dengan 4.0 maka Kita akan semakin dimudahkan dalam hal komunikasi dan pelayanan lebih baik, serta sistem informasi yang semakin mudah di akses di berbagai belahan dunia. Khusus untuk dunia kesehatan, hal ini sangat berpengaruh baik pada kinerja maupun kendala yang dihadapi. Positif dan negatif pun juga terbilang berimbang seiring dengan ketersediaan sumber daya manusia dan peralatan penunjangnya.

Dampak Positif Teknologi di Bidang Kesehatan

Kehadiran perangkat medis dengan berbagai macam fungsi dan kegunaannya tentunya sangat membantu proses pelayanan dan administrasi kepada pasien dan juga mempercepat pelayanan medis, Hal positif yang bisa dirasakan adalah:

1. Banyak ditemukan alat untuk mengganti organ tubuh yang rusak. Sebagai contoh bagi pasien yang mengalami kerusakan pada mata, maka teknologi transplantasi mata dihadirkan untuk dapat membantu penglihatan. Kebutaan dapat diatasi dengan donor mata milik orang lain serta donor jantung dan ginjal yang juga dilakukan demi menyelamatkan nyawa manusia.

2. Operasi plastik untuk menutupi luka atau merubah secara total wajah pasien agar penampilannya lebih tampan dan cantik dapat dilakukan dengan teknologi operasi plastik wajah. Ini dibuktikan di Korea Selatan yang hampir 57% warganya melakukan operasi plastik untuk memperindah bentuk wajah dan tubuh mereka sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan.

3. Apple Store dan Play Store yang Kita miliki pada gadget dapat dilihat berbagai aplikasi untuk membantu Kita mengatur kesehatan dan juga panduan dalam pola pengaturan nutrisi makanan dan minuman, panduan diet,dan juga panduan ringan untuk sekadar membentuk pola perut yang six pack dengan pull up dan push up sesuai aplikasi yang ditunjukkan. Ada pula panduan untuk ibu hamil dari trimester pertama sampai dengan pengasuhan mulai dari 0 bulan sampai dengan usia 5 tahun. Salah satu aplikasi yang juga dihadirkan untuk dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online dengan Dokter yang bersangkutan juga dihadirkan dalam beberapa aplikasi kesehatan.

4. Munculnya alat pengolahan sampah yang berdampak semakin terkendalinya pembuangan dan pengolahan, serta pemisahan sampah menjadi lebih terkontrol dan mendukung gerakan sehat lingkungan.

Dampak Negatif Teknologi di Bidang Kesehatan

Ada positif tentu juga ada Negatif. Dalam dunia kesehatan, pastinya ada kendala dan masalah serta ketidaksesuaian antara aplikasi yang dijalankan dengan keinginan yang diminta, Hal negatif dari kesehatan dalam penerapan teknologi antara lain:

1. Radiasi yang ditimbulkan dari alat baru dapat memicu penyakit baru. Salah satunya adalah Kanker, sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia. Dalam penyembuhan kanker juga menggunakan zat radioaktif yang juga dapat memunculkan penyakit baru. Ini seperti sebuah dilema, dimana alat dibuat untuk menyembuhkan, namun dari alat tersebut juga menimbulkan penyakit baru.

2. Radiasi dari ponsel dan komputer maupun laptop juga dapat merusak penglihatan Kita. Solusinya adalah dengan mengukur jarak sepanjang 30 cm untuk lebih memudahkan kenyamanan dalam bekerja.

3. Kecanduan gadget pada anak anak akan memicu gangguan otak dan memori dimana segala macam fokus akan dilakukan pada satu titik, dimana penglihatan dan juga bagian tubuh yang lain dipaksa untuk bekerja dengan keras selama berjam-jam, dan hanya duduk tanpa adanya aktivitas gerak maupun pembakaran tubuh, sehingga akan membuat melemahnya otak dan kesadaran. Maka dari hal ini, Anda sebagai orang tua harus mengatur konsumsi gadget pada anak Anda, baik waktu dan tempat, serta alihkan kepada hal yang bermanfaat yang bisa mengembangkan otak kanan dan otak kiri, serta minat, bakat, dan keterampilan mereka.

4. Informasi tentang kesehatan di media sosial dan internet yang palsu dan juga meresahkan “warganet”, dimana ketika membaca satu berita dan berita lainnya dalam judul atau tema yang sama, terdapat perbedaan yang sangat mencolok. Alangkah baiknya datang langsung ke dokter untuk konsultasi kesehatan, agar masalah yang dialami agar cepat terselesaikan serta tepat sasaran pada orang yang dituju.

Itulah sekelumit masalah dalam dunia kesehatan dalam penerapan teknologi yang seiring waktu mempunyai andil yang besar baik positif dan negatifnya, serta dapat digunakan sebagai bahan perbaikan terhadap segala kekurangan yang ada. Teknologi Kesehatan Yang Memiliki Dampak Positif Dan Negatif

About The Author

Reply