Ini Dia 5 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Saat Tidur

Tidur merupakan salah satu kegiatan sangat bermanfaat bagi relaksasi tubuh kita setelah dalam kurun waktu hampir 24 jam kita gunakan untuk bekerja dengan keras, sehingga intensitas waktu istirahat tubuh kita menjadi berkurang. Kadar waktu istirahat yang ideal adalah 7 sampai 10 jam setiap hari. Bisa dikatakan jam 22.00 malam sampai dengan 05.00 pagi yang kita butuhkan untuk mengistirahatkan raga ini sejenak dari rutinitas kerja sehari hari.

Tapi apakah kita menyadari bahwa saat kita tertidur pulas, tubuh kita masih melakukan pekerjaannya, seperti tekanan darah turun, proses pernapasan yang melambat, otot yang rileks dalam melepaskan hormon, termasuk yang membantu manusia tumbuh dan berkembang. Selain otot otot berhenti bergerak dan mengistirahatkan diri sesaat, ada hal lain yang ada dalam tubuh kita yang masih berjalan tanpa kita sadari. Apa saja itu, mari kita lihat bersama sama.

1. Hormon Leptin Dan Ghrelin Mulai Kelaparan Karena Bekerja
Bagi yang melakukan diet, maka Anda akan berteman dengan Hormon Ghrelin, karena fungsinya mengendalikan nafsu makan atau sebagai penahan lapar. Sedangkan Hormon Leptin berfungsi sebagai pengatur asupan makanan jangka panjang untuk pengeluaran energi.

2. Proses Pemulihan Otot dan Tulang
Ketika kita tidur manis, maka tubuh kita mengeluarkan hormon pertumbuhan manusia yang dapat meregenerasi otot dan tulang. Keadaan ini didominasi oleh hormon adrenalin dan kortestiroid alami, namun ketika kita tertidur, maka akan beralih ke kondisi anabolik, dimana konservasi energi, perbaikan, dan pertumbuhan mengambil alih.

3. Meningkatnya Sistem Kekebalan Tubuh
Ketika tertidur, tubuh melepaskan protein tertentu ke dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu melawan infeksi dan salah satunya adalah Tumor Necrosis Factor (TNF) yang diyakini dapat membunuh beberapa jenis sel kanker. TNF merupakan sel darah putih yang diproduksi sebagai respons antigen yaitu zat yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh membuat respons imun spesifik atau infeksi. Fungsi dari semua itu adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan kematian sel tumor atau nekrosis.

4. Kulit Memperbaiki Dirinya Sendiri
Selama keadaan deep sleep, maka kecepatan metabolisme kulit meningkat dan sel sel protein menunjukkan peningkatan produksi dan berkurangnya pemecahan protein. Protein merupakan unsur pembangun yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan perbaikan kerusakan dari faktor faktor seperti sinar UV. Lapisan atas kulit yang terbuat dari sel sel mati yang terus di tumpahkan pada siang hari. Waktu siang hari energi untuk perbaikan jaringan dialihkan ke hal lain, dan pada malam hari body repair akan berjalan memperbaiki semuanya.

5. Tubuh Mulai Bersih Bersih Bagian Dalam
Tubuh akan memulai proses detoksifikasi mulai jam 23.00 sampai jam 01.00, dimana proses pembuangan racun dalam tubuh dimulai pada jam tersebut. Jika dalam jam 23.00 kita masih terjaga, maka limbah racun akan dibuang melalui paru paru, ginjal, usus, dan kulit. Terkadang saat mencapai titik jenuh, tubuh akan memperingatkan kita untuk mengurangi produksi limbah untuk mengisi energi yang hilang, inilah yang menyebabkan kita menjadi letih, lesu, lelah, dan lunglai. Pada saat kita tertidur, sel sel dan jaringan yang terurai menjadi limbah beracun dan menjadi kurang aktif. Dan dalam proses tubuh saat istirahat, inilah peluang untuk membangun kembali jaringan yang telah rusak.

Itulah 5 hal yang terjadi saat kita mimpi indah, maka tubuh kita khususnya bagian dalam juga memberikan sesuatu yang indah setiap harinya, dan bahkan kita sering acuh dengan tubuh kita sendiri, dan hanya memfokuskan pada otak dan pikiran saja. Berubahlah mulai sekarang dan jaga tubuh kita dengan baik seperti kita menjaga cintanya.

About The Author

Reply