Melirik Motor Baru Yamaha Di Tahun 2020

Pangsa pasar dunia otomotif terutama pada segmen sepeda motor automatic seakan tidak akan berhenti dalam melancarkan produk produk terbaru mereka, karena konsumsi motor automatic menjadi semakin masif dan hampir semua orang minimal mempunyai 1 motor automatic untuk jajaran menengah keatas. Yamaha dan Honda menjadi musuh bebuyutan dalam hal ini. Saat Honda rilis produk baru, beberapa bulan kemudian Yamaha langsung rilis produk teranyarnya untuk menahan dan bersaing dengan Honda untuk menarik konsumen , terutama kaum milenial yang terkenal suka berganti motor, mengikut update terbaru demi meningkatkan gaya hidup mereka.

Ada 46 varian motor yang kini telah ditawarkan Yamaha kepada para konsumen dan rata rata varian tersebut di bagi menjadi 5 basis yang masing-masing memiliki pangsa pasar tersendiri. Varian baru yang dimunculkan di tahun 2020 adalah sebagai berikut:

1. Yamaha New N Max
Rilis pada akhir tahun 2019 untuk merebut pasaran awal tahun 2020 dan sampai sekarang New N Max sebagai motor automatic keluarga Maxi hadir dengan desain lebih modern. New N Max menjadi pesaing berat Honda PCX yang sama berada pada satu segmen. Menghadirkan tipe S dan ABS dengan harga mulai dari 29 juta sampai varian tertingginya 33 juta, memberikan ruang yang mudah untuk para konsumen mendapatkannya, terlebih dengan DP murah dan juga pilihan cicilan yang variatif.

Keunggulan dari New N Max 2020 ini adanya beberapa fitur yang belum dimiliki oleh pesaingnya, beberapa fitur itu diantaranya ada Parking Location, dengan aplikasi Y-Conncet akan menyimpan lokasi motor saat unpair atau disconnect dengan smartphone. Yang kedua ada Phone & Message Notification, yang akan memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan masuk baik sms maupun email. Yang cukup keren adalah fitur Malfunction Notification yang akan memberitahukan notifikasi pada email jika motor mengalami kerusakan.

2. Yamaha XSR 15
Hadir dengan gaya retro modern serta hadir sendirian tanpa pesaing. Hal ini justru akan menjadikan lahan empuk bagi para penyuka motor retro untuk merebut 1 segmen kosong untuk dijadikan kelompok baru, di mana chasis dan basis bensin diambil dari Yamaha V-Ixion generasi terbaru. Warna Tangki silver serta Jok Cokelat membuat tampilan retro menjadi pas untuk disematkan pada Yamaha XSR 15 ini. Lampu depan belakang sudah LED dan ditambah instrument cluster digital.

3. Yamaha WR 155
Motor yang satu ini sudah memiliki saingan saat pertama kali diluncurkan. Yamaha WR 155 akan beradu dengan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150. kapasitas Mesin 155 cc, 1 silinder, dan 4 tak serta di klaim memiliki pengaturan yang berbeda dengan motor Yamaha lainnya. Motor ini dapat digunakan untuk offroad dengan bekal kapasitas tangki bensin 8,1 liter. Dengan harga 36 jutaan, akan memberikan persaingan dengan dua kompetitornya yang sudah lama berjuang di segmen tersebut.

4. Aerox Maxi Signature
Jangan lupakan keluarga Maxi yang satu ini. Walapun secara keluarga, Aerox memang tampil sebagai kakak yang mandiri dibanding adik adiknya dari N Max, Lexi, dan juga Mio yang mempunyai seri berjenjang, sementara Aerox seakan tampil sendiri dan punya pangsa pasar sendiri serta menjadi pesaing ketat Honda ADV 150 yang hadir untuk memberikan pressing ketat pada Aerox yang dijuluki oleh pesaingnya sebagai Musuh Tak Terlihat. Dengan harga 28 jutaan untuk seri Maxi Signature, dan untuk seri Racing White sekitar 25 jutaan.

5. Yamaha Mio, Fino, dan MX King
Ketiga varian ini memang dikenal sebagai batu kerikil bagi pabrikan yang lain, karena di saat N Max dan Aerox bertarung dengan PCX dan ADV, tiga jagoan kecil ini merangsek untuk membubarkan barisan pertahanan musuh dari belakang. Terbukti Seri Mio tetap berjalan sampai dengan seri terbarunya yaitu seri S, Fino dan MX yang juga hadir dengan wajah baru.

About The Author

Reply