Mengawali New Normal, Inilah Sejumlah Peluang Usaha Menjanjikan Di Tahun 2020

Mungkin kabar New Normal yang mulai diberlakukan oleh Pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan adalah sebuah angin segar bagi para pengusaha dan pelaku bisnis di tanah air. Setelah meledaknya wabah Virus Corona yang sampai sekarang masih berlangsung, membuat semua sektor usaha terhenti dan banyak sekali perusahaan yang menutup usahanya, serta melakukan pemberhentian pegawai secara besar besaran karena tidak sanggup untuk memberi upah bulanan, bahkan ada yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) tanpa diberikan pesangon.

New normal membuka peluang usaha yang lama terhenti dan bahkan tertutup bagi sebagian orang kembali menggairahkan dan juga sebagai langkah untuk mengembangkan usaha baru yang lebih produktif serta menjanjikan dari segi peluang usaha dan juga segmen pasar. Miris rasanya melihat banyak pengangguran yang ada, serta mereka mencoba mempertahankan hidup dengan usaha seadanya, dan bahkan karena sudah tidak punya uang sebagai pegangan, mereka rela melakukan tindakan kriminal hanya demi mendapatkan uang untuk makan. Hal ini sangatlah perlu di hindari, dan untuk alasan itulah kami berikan beberapa peluang usaha yang mungkin dapat dijadikan peluang usaha baru, serta memulai new normal dengan usaha yang menjanjikan. Berikut kami sajikan sejumlah peluang dalam dunia bisnis yang dapat dilakukan dengan peluang peluang yang disesuaikan baik secara budget maupun kemampuan yang anda miliki.

1. Menciptakan produk kreatif ramah lingkungan bisa menjadi awal yang baik, serta dengan tujuan memanfaatkan barang barang, alat, atau benda yang bisa memberikan fungsi baru yang dapat digunakan oleh masyarakat, seperti bisnis tas daur ulang dari bahan sampah plastik, mempunyai pangsa pasar yang besar, serta sudah banyak yang go internasional.

2. Bagi anda yang merasa tidak dapat mengembangkan usahanya lagi, anda bisa memanfaatkan websites atau aplikasi kursus online, seperti menjahit, merajut, atau membuat beberapa alat sederhana yang banyak sekali ditemukan tutorial-nya di halaman Youtube. Intinya memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan minat, bakat, serta keterampilan.

3. Anda yang mempunyai peluang usaha di bidang otomotif, mungkin dapat melakukan usaha Rental Mobil dan Wisata, dengan menyewakan mobil untuk rental pribadi, serta menyewakan rental paket wisata dengan driver gratis, serta tujuan wisata lokal dengan paket biaya yang sudah anda tentukan dan juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah tempat wisata dan penginapan untuk memudahkan anda dalam promosi kepada masyarakat.

4. Memiliki kemampuan komputer serta banyak bergelut di dunia website dan blogger, anda dapat mencoba membuka jasa pembuatan website yang bisa anda tawarkan ke perusahaan, instansi pemerintahan, maupun sejumlah perhotelan dan restaurant, serta sekolah, untuk melebarkan sayap mereka dalam hal informasi dan promosi.

5. Keterampilan dalam bidang event organizer yang anda miliki serta pernah ikut menjadi crew didalamnya, bisa membuat peluang untuk anda membuka usaha organizer sendiri, seperti wedding organizer kelas menengah kebawah. Anda bisa bekerja sama dengan penyewaan busana pernikahan, katering, suvenir, dan juga tempat atau gedung persewaan, dan juga studio shooting untuk menjadi sebuah tim yang bagus, serta promosi harga murah meriah namun mewah, sebagai salah satu untuk memfasilitasi pasangan tunda nikah karena pandemi.

6. Usaha barber shop sedang tren di kalangan anak muda. Dengan tempat ber-AC, bersih, alat cukur steril dan selalu diganti, dan juga pelayanan yang ramah dan menyenangkan bisa menjadi sebuah terobosan baru mengawali usaha yang mudah.

7. Menganggur dalam jumlah banyak, serta bingung untuk melakukan apa, khusus untuk wanita bisa memulai jasa penitipan anak, dengan menyediakan sebuah rumah kosong, dibagi menjadi beberapa tempat, seperti spot bermain, spot ibadah, spot istirahat siang, dan juga spot untuk makan. Anda dan teman teman anda bisa mengembangkan keahlian anda sesuai ilmu pengetahuan untuk mengajarkan ilmu dasar tentang kehidupan, sosialisasi, dan juga alat dan gambar bermain untuk anak anak.

8. Usaha makanan ringan bisa menjadi andalan anda untuk memulai usaha baru saat New Normal sudah dibuka. Buatlah makanan ringan yang menyehatkan baik untuk anak-anak, maupun disukai oleh remaja dan orangtua.

9. Bisnis Waralaba atau kemitraan atau dengan nama kerennya yaitu franchise dapat anda lakukan dengan beberapa gerai makanan cepat saji, untuk bisa anda dirikan di tempat atau daerah anda yang mungkin jenis fast food tersebut belum ada. Ini akan menjadi ramai dan banyak di kunjungi dengan tambahan fasilitas berupa WiFi dan juga delivery order.

10. Maraknya toko online adalah peluang paling besar dilakukan banyak orang bahkan dengan fenomena ini banyak outlet mall yang tutup karena kalah bersaing dalam hal promosi dan juga harga yang jauh lebih murah sekalipun outlet menawarkan beli satu gratis satu atau beli dua gratis satu. Ini menjadi peluang usaha yang benar benar marak dan wajib untuk anda jadikan peluang untuk usaha baru di awal New Normal.

11. Membuka usaha katering dengan bekerja sama dengan sejumlah wedding organizer maupun studio shooting akan membuka pangsa pasar yang lebih besar, sekalipun untuk tujuan dasar adalah menjual produk home industri ke pangsa pasar utama seperti rumahan, pesanan orang, kantor, dan lain sebagainya. Berikan nuansa baru pada variasi makanan dan minuman yang anda jual agar lebih banyak orang tertarik baik dari segi rasa, kualitas, kemasan, dan tentunya harga.

12. Mempunyai barang barang antik dan memiliki sejarah yang panjang tentunya membuat anda seakan enggan untuk menjualnya, Namun untuk bertahan hidup dan memiliki pemasukan, maka tidak ada salahnya untuk anda mencoba menjualnya kepada kolektor maupun membuka lapak toko online serta promosi disejumlah media sosial untuk dapat perhatian pasar serta membuka obrolan dan penawaran lewat media WhatsApp maupun Instagram agar lebih kekinian dan pesan promosi tersampaikan.

13. Bisnis laundry juga dapat anda manfaatkan untuk membuka peluang usaha baru. Cukup dengan menyediakan beberapa mesin cuci, anda bisa mengandalkan anggota keluarga atau teman dan sahabat untuk membuat usaha bersama. Ini akan membuat anda bisa menjembatani antara mengumpulkan modal, sembari mencoba usaha yang ringan namun berkualitas.

14. Maraknya pet shop dibanyak daerah akan sangat membantu anda untuk mempercepat pemulihan kantong anda. Anda bisa bekerja sama dengan distributor makanan satwa yang ada serta menyediakan tempat berjualan. Terlebih bagi anda yang mempunyai rumah tepat di pinggir jalan, maka itu sebuah keuntungan untuk memudahkan promosi.

15. Anda yang dahulunya gemar membelikan mainan untuk anak anda dalam berbagai jenis, bentuk, dan juga jumlahnya banyak, namun sekarang sudah tidak terpakai dan masih tersimpan baik dan rapi, maka buka saja usaha sewa mainan anak. Ini salah satu peluang usaha murah meriah dengan modal dari mainan anak yang sudah tidak terpakai lagi.

Itulah beberapa peluang usaha yang menjanjikan ditengah New Normal yang dibuka untuk memulihkan kembali perekonomian yang tengah rampuh dan membutuhkan kreativitas untuk membangun kembali usaha dengan cara baru, dan konsep yang terencana, sehingga rancangan yang matang dan membuahkan hasil yang maksimal. Jika memang membutuhkan pinjaman dana bank, maka anda perlu memikirkan secara matang, serta melihat pangsa dan peluang pasar, agar dikemudian hari untuk mengembalikan uang sebagai modal usaha anda akan mudah serta memiliki target yang mumpuni untuk berjalan bersamaan.

Sebuah usaha dimulai dari niat yang besar untuk tujuan yang lebih mulia yaitu kesuksesan yang besar di masa yang akan datang, serta memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat dalam menyediakan pelayanan yang berkualitas serta mutu yang terjamin diikuti dengan penyesuaian diri dan perkembangan zaman, serta selera pasar yang setiap waktu selalu mengalami pembaharuan dengan cepat dan modern.

About The Author

Reply