Password Manager Membuat Informasi Login Semakin Aman

Password manager merupakan sebuah layanan yang penting untuk menyimpan passwords atau kata sandi dengan aman. Saat ini ada banyak aplikasi Passwords Manager baik yang trial, gratis, dan juga berbayar. Passwords digital adalah brankas digital terenkripsi yang menyimpan informasi login untuk dapat mengakses beberapa aplikasi di perangkat mobile, situs web, serta layanan internet lainnya. Penggunaan Passwords Manager membuat pelayanan keamanan menjadi lebih mudah dan terjaga kerahasiaanya. Passwords Manager mempunyai fungsi untuk mengingat kata sandi kita. Sebagai contoh ketika kita login ke Facebook, maka kita tidak perlu mengingat kata sandinya, cukup menggunakan kata sandi Passwords Manager saja.

Selain itu, Passwords Manager juga memiliki fitur yang aman dan baik untuk menyimpan data penting didalamnya. Data yang disimpan dienkripsi dengan aman, sehingga aman dari retasan hacker atau penjahat siber. Sebagai informasi, bahwa sidik jari dan pin adalah keamanan kelas dua. Passwords Manager memiliki keamanan yang bagus dan juga tahan lama, bisa digunakan untuk menyimpan dokumen dan data penting lainnya. Di era digital yang sangat masif serta hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan semua aplikasi dengan banyak sekali variasi passwords yang digunakan. Dengan milyaran kata sandi yang kemungkinan 10 % memiliki kode yang sama, maka dengan Passwords Manager bisa disiasati dengan baik sehingga tidak mudah untuk terblokir akibat kesamaan yang tidak disengaja.

Sebelum Hotmail, Skype, dan Netflix mendorong pengguna menggunakan kode yang aman, Militer Romawi sudah menggunakan passwords sebagai pembeda antara militer dan musuh. Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk melindungi informasi yang mereka miliki. Fernando Corbato yang ditasbihkan sebagai The Godfather of Passwords pada komputer, di mana dikenalkan ide tersebut pada tahun 1960 di Massacusetts Institute of Technology (MIT). Untuk menjaga data pribadi tetap aman dan sebuah privasi tetap terjaga dengan baik, maka konsep passwords dikembangkan, sehingga pengguna bisa mengakses data mereka secara spesifik .

Pada era tahun 90an, meledaklah Word Wide Web (www) yang semakin banyak orang mengakses internet dengan mudah, serta dapat dugunakan di tempat atau spot tertentu, sehingga layanan keamanan yang tadinya terjaga mulai rentan oleh hacker yang sudah berani mengambil data dari kejahatan online yang di lakukan untuk memeras korban atau user dengan imbalan uang, sehingga data yang dicuri dapat dikembalikan lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka, database passwords dibuat dengan metode salting untuk mengenskripsi passwords lebih jauh dengan penerapan system harsing dimana serangkaian karakter passwords di ubah menjadi kode numeric yang mewakili ungkapan aslinya.

Untuk penerapan di era sekarang, banyak sekali baik dari urusan perbankan, TV Online, Belanja Online, Musik, Video, yang datanya tersimpan melalui passwords dengan pola angka, huruf, dan simbol. Pola ini ternyata sangat baik digunakan dan hacker atau penjahat siber susah untuk mengakses kode rancak ini. Pemerintah disetiap Negara memang sudah melakukan pelarangan terhadap passwords yang menggunakan nama asli pengguna, tanggal lahir, nomer handphone, alamat rumah, maupun kode angka maupun huruf yang mudah ditebak dengan melihat secara personal pada diri user atau sang pemilik akun. Melalui Paswords Manager, semua enkripsi itu akan mendapatkan perlindungan serta notifikasi saat ada hal yang mungkin pengguna tidak ketahui sat posisi sedang bekerja maupun sedang melakukan aktivitas yang lainnya.

Inti dari manfaat Passowrds Manager adalah melakukan perlindungan kepada pengguna terhadap semua data yang tersimpan, serta memberikan perlindungan maksimal pada perangkat lain yang memang menggunakan Passwords Manager sebagai kunci pembuka utama, dan memonitoring aktivitas aplikasi yang disimpan, sehingga akses apapun yang masuk dalam aplikasi tersebut akan tersimpan dalam memori Passwods Manager, sehingga Anda bisa mengetahui aktivitas ilegal yang terjadi pada akun atau aplikasi Anda.

Sebagai pengalaman penting dalam membuat kode passwords atau kata sandi, Anda harus benar benar menggunakan pola yang sangat rahasia, dan bahkan orang terdekat Anda pun tidak mengetahuinya, kecuali memang Anda sudah percayakan sepenuhnya pada orang tersebut jika sewaktu waktu Anda mengalami sebuah kejadian yang tak terduga. Perusahaan besar sekelas Yahoo! Dan Equifax pernah mengalami kebobolan, sehingga membuat milyaran data penggunanya bocor. Sebagai saran, lakukan perubahan passwords pada data atau aplikasi yang Anda gunakan secara berkala demi meminimalisir kejahatan siber.

About The Author

Reply