Pemanfaatan Media Sosial Untuk Bisnis Online

Tak perlu di pungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi sudah seperti sebuah menjamur dan menjadi salah satu bagian dari pola hidup manusia. Banyak hak yang dilakukan oleh para pengusaha dan wirausaha muda baik dari bisnis aplikasi online, penawaran produk dan jasa, serta maraknya online shop yang mengalahkan pamor pasar tradisional dan juga mall. Semua orang tahu bahwa keuntungan dari media sosial adalah kecepatan mengakses barang atau jasa tanpa harus menunggu lama, dan kemudahan transaksi pembayaran secara online melalui handphone, dan dapat dilakukukan dimana saja, baik saat Anda santai maupun sibuk.

Banyak sekali pemanfaatan yang bisa anak muda lakukan dengan cara mereka dalam mempromosikan apapaun yang bernilai jual positif dan juga memberikan keuntungan secara langsung, dan sekaligus menjual nama brand mereka, baik yang menjual secara second hand maupun secara home made atau home production. Pemanfaatan media sosial untuk bisnis online bisa kita simak bersama:

1. Pemanfaatan Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram
Tiga media sosial ini menjadi sasaran empuk untuk membuka bisnis secara online. Melalui facebook Anda bisa langsung bergabung dengan grup jual beli online, dan juga bisa memesan dan menjual barang melalui beranda di akun Anda. Lewat twitter, hal sama juga bisa dilakukan dengan cara post dan re-post, serta comment. Pada Instagram, selaian Anda bisa memanfaatkan momen melalui “Instastory” ataupun lewat beranda Instagram Anda, bisa direct message juga untuk check and dealnya. Semua aplikasi itu juga menerapkan komunikasi lanjutan secara langsung melalui aplikasi WhatsApp yang sebelumnya sudah masif dipakai menjadi bagian dari bisnis online.

2. Pemanfaatan Media Youtube
Menjadi “Youtuber” jaman dulu memang sebuah hal yang minor dimata orang, namun untuk sekarang ini, banyak sekali yang mencari penghasilan melalui konten kreatif yang mereka buat. Para “Youtuber” bisa membuat konten sesuai dengan headline mereka, sembari mempromosikan produk yang mereka tawarkan, terlebih jika yang sudah memiliki banyak subscribers, tentunya akan semakin memperlancar jual beli Anda serta semakin akrab dengan para pelanggan dan juga fans Anda.

3. Pemanfaatan Room Chat
Media sosial dari jenis apapun yang bisa digunakan untuk bisnis online tentunya memberikan bentuk sistem dagang baru yang memang lebih praktis dan juga menghemat dari sisi tenaga dan biaya, dibanding kita harus pergi atau berjualan dipasar dan seharian disana untuk menjajakan dagangan kita. Ada hal pengganti komunikasi langsung layaknya sales promotion girl atau “SPG” terhadap kustomernya adalah dengan aktif mengomentari setiap pertanyaan dari pembeli melalui room chat, atau kolom komentar, maupun pesan pribadi melalui Whatsapp. Hal ini penting sekali kita lakukan untuk menjaga komunikasi dan keingintahuan yang lebih dari pembeli untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang kita jual. Berkomunkasilah dengan ramah menggunakan bahsa yang kekinian atau yang mungkin kita bisa mengatur gaya bahasa agar nyaman untuk diterima oleh calon pembeli.

4. Pemanfaatan Sebagai Influencer
Influencer atau yang bisa kita sebuat sebagai artisnya media sosial, baik itu yang lebih banyak dipakai dalam Instagram sebagai sebutan “Selebgram”, tentunya akan memberikan tambahan sumber promosi yang sangat positif bagi bisnis online kita. Selain dipercaya sebagai brand ambassador sebuah produk dengan perjanjian kontrak, dan wajib membuat video promosi atau review produk tersebut sejumlah beberapa video yang ditampilkan di akun mereka, baik diberanda maupun di storyline mereka. Kita juga ikut mempromosikan produk kita kepada para followers dan juga yang sedang melihat promosi kita baik secara posted maupun live.

Nah, 4 pemanfaatan itu yang sekarang ini sedang gencar dilakukan, karena memang semua media sosial yang dipakai adalah yang termasuk banyak peminat dan sering dikunjungi oleh kebanyakan netizen untuk sekedar berselancar di dunia maya, dan tentunya semakin maraknya sekarang untuk aplikasi yang sejenis dan juga aplikasi jual beli online yang memang khusus di peruntukkan untuk pusat belanja melalui beberapa aplikasi belanja seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, JD.ID, Lazada, dan lain sebagainya, dimana kita juga akan membuat akun dan buka toko online disana, post gambar tentang produk yang kita jual, kemudian room chat kembali menjadi komunikasi utama dalam hal melayani tanya jawab dan juga info tentang proses transaksinya, sampai dengan barang sampai ditempat.

Itulah pemanfaatan sederhana media sosial yang kita gunakan untuk bisnis online dengan apapun barang yang kita akan jual. Kunci dari pemanfaatan tersebut adalah bahasa promosi yang menarik, gambar yang jelas dan berkualitas disertai info detail setiap barangnya, serta komunikasi yang ramah dengan calon pembeli melalui chat room, agar semua produk ang kita tawarkan mendapatkan sambutan yang baik.

About The Author

Reply