Pilihan Motor Seharga 20 Jutaan Selain Matic

Motor merupakan sarana kendaraan yang mendominasi baik penggunaan, penjualan, maupun kredit di kalangan menengah ke bawah. Motor secara umum digunakan untuk bekerja baik sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor, maupun digunakan sebagai jasa angkut barang dan juga jasa antar jemput dan pengiriman paket seperti Gojek, Grab, Anterin, dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, motor menjadi primadona seiring bertenggernya posisi motor matic sebagai andalan untuk semua orang. Di kalangan penggemar matic, mungkin motor matic menjadi kendaraan yang paling mudah dioperasikan, karena tidak membutuhkan kopling dan tinggal memainkan gas dan rem saja. Namun bagi yang tidak menyukai matic, produsen juga telah menghadirkan kendaraan roda dua yang mempunyai harga terjangkau dan bisa didapatkan baik secara cash maupun kredit.

Secara umum fungsi motor matic maupun manual sama dalam kegunaannya, namun secara fungsi, matic lebih ditekankan untuk jalur kota kota dan jalan landau, sedangkan motor manual dapat dikatakan dapat melibas medan landau, menanjak, maupun menurun dikarenakan sistem perpindahan gigi yang bisa disesuaikan dengan gerakan dan tekanan di medan jalan, sedangkan matic, jika belum mampu mengendalikan, maka motor cenderung akan melaju tanpa arahan yang benar. Berikut motor selain motor matic yang mempunyai fitur canggih dan bahkan dijual di bawah 20 juta.

1. Honda Supra X 125 FI
Honda merupakan salah satu motor favorit di Indonesia, dari awal kemunculan sampai dengan saat ini terus melaju dengan berbagai macam produk yang berkualitas dan tepat guna. Dibekali mesin 125 cc 4 tak SOHC yang disertai teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) mampu menghasilkan tenaga sebesar 10Hp pada 8000 rpm dan torsi 9.30 Nm di 4000 rpm. Berdasarkan pengetesan internal perusahaan, 1 liter bensin bisa menghasilkan jarak 57.2 km (EURO 3). Angka yang dihasilkan masih bisa mengimbangi keiritan motor yang bertransmisi otomatis.

2. Yamaha Jupiter Series
Yahama hadir dengan konsep super sport desain membuat motor bebek ini terlihat sporty dan trendy. Jupiter MX 150 mengusung mesin injeksi 150 cc bertipe SOHC berpendingin cairan. Yahama Jupiter tercatat memiliki daya 15.3 Hp pada putaran mesin 8500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 13.8 Nm, serta cukup baik untuk sebuah motor jenis moped.

3. Suzuki New Smash FI
Suzuki sebagai motor bebek entry level mempunyai tagline “Tarikanya Dahsyat Kuat Ditanjakan” dan cukup diminati oleh para penggemar Suzuki karena mempunyai performa yang mantap dan memiliki dapur pacu yang cukup handal, dengan menggendong mesin berkubikasi 113 cc SOHC berteknologi Leap (Light, Eficient, and Powerful) yang minim gesekan serta sudah menggunakan fuel injection. Suzuki New Smash FI ini mampu menghasilkan tenaga 9.2 Hp pada 8000 rpm dan torsi 9.1 Nm pada 6000 rpm.

4. TVS Neo XR
India juga tidak mau kalah dalam persaingan motor non matic dengan menghadirkan TVS Neo XR sebagai motor bebek entry level dikelasnya. Berbekal mesin 109.7 cc dengan sistem 4 langkah SOHC berpendingin udara serta hadirnya Digital Injection Mapping membuat TVS mampu mencapai torsi maksimum di angka 8.5 Nm pada 4500 rpm dan tenaga sebesar 8.5 Hp di 8500 rpm. TVS mempunyai daya yang disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 4 percepatan dengan menggunakan sistem pengabutan karburator, Adanya sistem i-Econo yang membantu pengendara dalam mengontrol penggunaan bensin. Karakteristik itu didukung dengan Throttle Sensor yang memacu sistem pengapian maksimal sesuai dengan kondisi berkendara.

Itulah lima pilihan motor yang masing masing brand memiliki seri yang berbeda dalam segi sistem pengeraman dan juga velg yang dihadirkan, disesuaikan dengan selera konsumen yang akan memilih hal yang menjadi kesukaan masing masing melalui berbagai macam model, warna, serta harga yang ditawarkan.

Selain ditawarkan dengan harga yang lebih murah, produk produk tersebut juga memiliki keandalan masing masing yang menjadi daya Tarik utama untuk membelinya. Tenaga dan tingkat efisiensinya masih bisa mengimbangi motor bertransmisi otomatis. Dan pada akhirnya kepuasan yang akan anda dapatkan akan maksimal dalam penggunaannya.

About The Author

Reply