Seperti Ini Sensor Iphone 12

Kabar baik untuk para iPhoneholic di seluruh dunia. Perusahaan Apple akan merilis iPhone 12 pada tahun 2020, tepatnya pada November 2020. Mendekati waktu peluncurannya, banyak juga informasi yang berdatangan mengenai spesifikasi yang akan di usung oleh iPhone 12, mengingat versi berita sebelumnya dikabarkan iPhone 12 akan mengusung layar pro-motion 120Hz. Melalui kanal Youtube, Max Weinbach mengatakan bahwa selain layar pro-motion yang akan dibawa, juga sensor sidik jari dengan teknologi baru yang juga akan ditampilkan sebagai sebuah perubahan teknologi keamanan baru yang telah diciptakan.

Sebuah laporan mengatakan bahwa Apple telah mengembangkan sensor sidik jari terbaru dan telah memakan waktu 6 tahun untuk penelitian dan pengembangannya. Teknologi sensor tersebut akan berbeda dengan teknologi yang di usung oleh Android, namun belum dijelaskan secara detail, tentang bagaimana dan apa nama untuk sensor sidik jari tersebut. Apple mengundang 3 pemasok untuk kamera iPhone 12 dan 12 Pro 5G. Apple berencana membagi pasokan untuk produk kameranya pada tiga perusahaan tersebut.

Pertama adalah, LG yang dikenal memasok panel OLED iPhone melalui anak perusahaan LG Display. Dan LG juga telah diketahui mengamankan produk kamera 1 lagi untuk satu tahun berikutnya melalui anak perusahaan LG Innotek. Pabrikan asal Korea Selatan ini bertanggung jawab untuk memasok kamera untuk iPhone 12 Pro 6.1 ini dan iPhone 12 Pro Max dengan 6.7 inci. Ponsel cerdas ini diharapkan dapat menawarkan sistem 3 kamera yang diperbarui yang dipasangkan dengan LIDAR Scanner Baru. Sementara Sharp dan O-Film Tech adalah 2 perusahaan lain yang tengah bersiap untuk mengirimkan modul kamera untuk iPhone seri 12. Pemasok ini akan fokus pada iPhone 12 5.4 inci yang harganya lebih murah dari iPhone 12 Max 6.1 inci.

Kembali lagi pada sensor sidik jari, Apple telah diketahui mematenkan sensor sidik jari optik, yang disinyalir akan digunakan pada produk iPhone 12 yang akan segera di rilis. Sejumlah pengamat teknologi mengatakan bahwa, Apple Fitur Face ID tidak akan menjadi satu satunya sistem otentikasi yang dimiliki oleh iPhone 12. Berdasarkan paten yang diungkap oleh Patently Apple, Raksasa teknologi yang digawangi oleh Tim Cook ini akan membawa teknologi sidik jari jenis baru. Sepertinya Apple tidak ingin ketinggalan dengan produk-produk China yang sudah menggunakan in Display Fingerprint sejak dua tahun yang lalu. Meskipun terhitung terlambat dalam menggunakan teknologi ini, namun Apple telah mematenkan teknologi ini sejak tahun 2017. Hanya saja lisensi keluar pada akhir tahun 2019, sehingga untuk persiapan baik perakitan maupun rilis telah ditetapkan batas akhir yaitu November 2020.

Lebih jauh lagu mengenai kecanggihan teknologi yang dipatenkan, paten tersebut memperlihatkan sensor gambar optic yang berada dibawah layar yang memiliki kemampuan mendeteksi data gambar biometric pengguna, mirip dengan sensor ultrasonic yang disematkan pada Samsung S10 Series. Saat ini terdapat dua jenis terdapat 2 teknologi pengenalan sidi jari dalam layar. Pertama adalah sidik jari optic yang menggunakan cahaya untuk pemindaian jari dua dimensi. Kedua adalah sidik jari ultrasonic yang menghasilkan gambar sidik jari tiga dimensi. Selain itu, pemindaian juga akan bekerja dengan tampilan area yang jauh lebih besar, setara dengan 17 kali pemindai yang dimiliki oleh Samsung. Sensor tersebut dinamakan Qualcomm dengan 3D Sonic max.

Bagi para pengguna iPhone, tentunya teknologi tersebut bukanlah hal yang baru, karena sudah diterapkan di beberapa gadget yang dijadikan sebagai inspirasi untuk lebih mengembangkan teknologinya kedalam varian yang lebih baru safety, khususnya bagi yang menginginkan sekuritas yang tinggi. Sedangkan bagi para milenial mungkin akan jauh melirik pada sektor kamera dan juga kapasitas yang di usung oleh iPhone 12, baik dari segi kualitas gambar maupun dari segi besaran penyimpanan baik untuk ROM maupun RAM.

Penggunaan Face ID maupun Biometrik memang sudah pernah dilakukan oleh Samsung, namun ai sei autentikasinya masih rendah, sehingga sering-kali mudah terbuka oleh hacker ataupun siber yang ingin membajak akun atau data melalui sinyal yang dipancarkan oleh perangkat tersebut, walaupun semuanya jarang yang berhasil, karena system perlindungan yang ada pada gadget tersebut. Demikian pula dengan iPhone 12 yang akan melakukan rilisnya entah tepat atau mundur, sesuai dengan kondisi saat itu, juga dikira tidak akan gegabah dan sudah mempunyai perhitungan yang matang dan juga riset selama 6 tahun yang dilakukan, tentunya akan memberikan sebuah terobosan dan inovasi baru dalam bidang keamanan dan kecanggihan safety guard yang ada pada seri iPhone nantinya.

About The Author

Reply