Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Di Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi “Corona Virus 19” (Covid-19) ini, banyak sekali kita tahu bahwa roda bisnis benar benar mengalami stagnasi yang hebat dan penurunan omzet yang luar biasa, serta yang membuat miris adalah banyaknya tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan demi mengurangi kerugian besar perusahaan akibat menanggung gaji mereka tanpa dan pemasukan atas hasil kerja. Dalam menyikapi hal tersebut, khususnya dalam hal pemeriksaan neraca perusahaan baik dalam mengelola administrasi perkantoran dan juga pengaturan keluar masuk barang, serta keuangan yang masuk, maka diperlukan Sistem Informasi Akuntansi.

SIA adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, mengolah data keuangan dan akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan, dan sebagai alat untuk mengendalikan aktivitas perusahaan, agar dapat berjalan dengan baik seperti rencana yang telah disusun. SIA sangat bermanfaat bagi dunia bisnis, terlebih di tengah pandemi virus seperti ini. Banyak pengusaha yang kebingungan dalam menghadapi situasi seperti ini. Pemerintah yang membuat peraturan dari PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ), larangan untuk transportasi dalam menjalankan distribusi barang kecuali logistik bantuan, serta Karantina Wilayah bagi masyarakat, membuat pengusaha putar otak dan bagaimana menyiasati para karyawan dan tenaga kerja yang diharuskan WFH atau yang kita ketahui sebagai Work From Home.

Solusi lockdown yang diterapkan di berbagai Negara terutama di Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Inggris, Rusia, dan juga Cina sebagai asal muasal wabah tersebut muncul dan menular dengan sangat cepat serta mengakibatkan ratusan orang meninggal setiap harinya, tentunya power safety harus benar benar diterapkan untuk menjaga kestabilan tubuh agar tetap terjaga secara aman, dan juga rajin menggunakan masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan juga jaga jarak di tempat publik. Berdasarkan semua kejadian yang melanda dunia serta terhambatnya proses ekspor dan impor barang, maka SIA menjadi sistem yang dapat dimanfaatkan dengan kelebihannya yaitu:

1. Menyediakan layanan dan informasi yang tepat, akurat dan tepat waktu sehingga perusahaan perusahaan dapat melakukan aktivitas utama dalam value chain secara efektif dan efisien.

2. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produksi produk atau jasa yang dihasilkan.

3. Meningkatkan efisiensi kinerja bisnis, baik pada bagian keuangan atau bagian yang lainnya.

4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

5. Meningkatkan sharing knowledge antar sesama pengusaha untuk buah pemecahan masalah dan mencarian solusi bersama.

SIA menjadi andalan bagi semua perusahaan sebagai alat kontrol dan piloting atas usaha yang dijalankan, sehingga dapat memberikan pengaturan dan juga pengawasan terhadap jalannya perusahaan , sehingga dapat mewujudkan tujuan yang di inginkan perusahaan. Selanjutnya, SIA juga dapat dipertanggungjawabkan dan juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan keuangan perusahaan, baik langkah lanjutan operasional, maupun langkah alternatif.

SIA memberikan data yang lengkap baik besaran keuangan awal, target produksi dan belanja, serta biaya operasional pembatasan produk, sampai pada distribusi dan juga biaya lainnya. SIA dengan sistem yang sudah dibuat akan memberikan gambaran yang jelas setiap hari tentang bagaimana saja perusahaan itu bisa berjalan, dan juga berapa keuntungan bisa didapatkan, sehingga semua pekerja bisa dioptimalkan baik yang bekerja di perusahaan maupun yang bekerja dari rumah.

SIA bisa diterapkan dengan penggabungan teknologi di perusahaan tersebut, serta strategi bisnis yang di jalankan, sehingga segala kegiatan dan rencana akan ter-integrasi dengan baik melalui sistem yang mampu memasukkan antara rencana, biaya, pelaksanaan, distribusi, keuntungan, dan juga keselamatan. Adapun pedoman SIA yang harus dipatuhi di masa pandemi ini adalah sebagai berikut:

1. Pastikan cashflow terjaga dengan sehat. Arus kas adalah salah satu unsur penting dalam berbisnis., sehingga mampu mengelola uang tunai dengan baik dan optimal. Karena keseimbangan arus kas sebuah perusahaan adalah nyawa bagi perusahaan tersebut.

2. Rencanakan ulang pendapatan dan anggaran biaya untuk mengevaluasi langkah kerja dan bisnis yang sedang dijalankan, sehingga bisa mengakumulasi kebutuhan dan anggaran dalam periode selanjutnya.

3. Selalu memonitor perilaku bisnis untuk lebih memudahkan kita dalam melihat perkembangan neraca bisnis setiap hari, serta memberikan kemudahan bagi pembeli untuk membeli produk secara online. Dengan menggunakan fitur cashlink serta di rekonsiliasi oleh bank, dan secara otomatis akan berjalan serta memudahkan tanpa harus berkunjung ke kantor fisik perusahaan tersebut.

4. Buat promosi penjualan yang tepat, sehingga produk yang dihasilkan akan diterima dan diminati oleh masyarakat. Manfaatkan media cetak dan elektronik, serta media sosial yang membuat promosi akan semakin gencar dan banyak mendapatkan respon dari konsumen. Dengan pemanfaatan media sosial, sebuah langkah jitu, karena dengan adanya pandemic, karantina rumah, maka semua orang cenderung mengoperasikan handphone sebagai sarana hiburan dan kerja dari rumah. Nah inilah yang harus dimasuki oleh perusahaan dalam mempromosikan produk melalui iklan yang ditampilkan.

5. Penerapan SDM yang berkualitas untuk menjalankan SIA dengan baik. Pastikan perusahaan mendapatkan keuntungan paling besar di atas batas ambang. Sehingga ketika mengalami kerugian, maka tidak akan mengganggu neraca keuangan perusahaan. SDM dapat dijalankan secara individu atau kelompok, namun yang lebih menguntungkan adalah secara tim, karena dapat saling membantu dan memback-up dalam permasalahan atau kegiatan yang di jalankan pada hari itu.

SIA utamanya harus dipegang oleh SDM yang unggul dan berkualitas baik secara kemampuan membaca data dan juga kemampuan menganalisis dan merekap, sehingga SIA yang hanya kumpulan data yang dibuat oleh manusia, tentunya pengambil keputusan bukan hanya memutuskan berdasarkan hasil akhir SIA saja, namun juga mendapatkan pertimbangan dari SIA user atau admin SIA, dan juga dewan direksi perusahaan berdasarkan data SIA sebagai penjamin mutu kas perusahaan, dan juga fakta nyata di lapangan.

Demikianlah ulasan tentang manfaat SIA ditengah masa pandemi virus ini. Semua hal yang tidak terduga pasti menimbulkan keresahan dan harus memutar otak untuk dapat menstabilkan neraca perusahaan menjadi seimbang dan dapat berjalan sesuai dengan plan B di tengah masa pandemi untuk memberikan kemudahan perusahaan dalam menjalankan operasionalnya.

About The Author

Reply