Teknik Mengambil Foto Saat Solo Traveling

Traveling merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan terutama saat kita singgah dan melakukan long trip di tempat yang mengagumkan, penuh pesona keindahan, dan juga memberikan suasana yang baru dan dapat menenangkan pikiran kita untuk rehat sejenak dari hiruk pikuknya kehidupan yang penuh dengan pekerjaan dan juga kesibukan yang luar biasa. Saat berkunjung ke sebuah tempat tentunya kita tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengambil beberapa gambar yang tentunya photogenic dan juga menjadi tempat yang indah untuk berswafoto. Namun ketika kita melakukan solo traveling, semua hal tentang swafoto akan kita ambil sendiri dan melakukan selfie dalam pengambilannya. Tentunya pula kita harus menyesuaikan antara foto diri kita dengan latar belakang tempat yang indah. Jika salah mengambil gambar maka, mungkin hanya wajah kita yang menghiasi kamera dan latar belakangnya akan terlihat sedikit tersorot.

Untuk mengambil gambar saat solo traveling, kita harus mengetahui sebelumnya tentang teknik pengambilan foto atau gambar melalui kamera smartphone atau kamera DSLR yang kita punyai. Tentunya pengambilan dari berbagai macam sudut akan mempengaruhi besar kecilnya gambar yang diambil serta kualitas jarak yang kita atur, sehingga menjadikan gambar layak pandang dan cantik sesuai dengan keinginan kita. Adapun teknik pengambilan foto saat solo traveling adalah sebagai berikut:

1. Foto Traveling Bukan Soal Wajah, Tetapi Tempat Destinasi
Ingat, pengambilan foto saat solo traveling bukan soal wajah, tetapi tempat destinasi. Semua anggota badan kita bisa menjadi bukti kalau kita sedang berada di tempat tersebut. Ada 2 teknik yang dapat Anda gunakan. Pertama Anda bisa menggunakan timer untuk mengatur waktu sehingga jarak yang diatur dapat sesuai dengan gaya yang kita inginkan. Kedua, jika tidak percaya diri solo selfie menggunakan timer, Anda bisa membelakangi kamera, dan biarkan background fotomu yang berbicara.

2. Gunakan Mirror Selfie
Mirror selfie bisa menjadi teknik dan pilihan yang menarik untuk menghasilkan foto yang estetik. Di sini Anda dapat mengandalkan refleksi kaca yang ada di tempat destinasi wisata, sehingga foto yang terkesan sederhana pun akan menjadi mewah, karena Anda tidak hanya mengambil latar belakang dan diri Anda saja, melainkan orang orang dan tempat-tempat yang ada digambar tersebut, sehingga terkesan natural dan memang foto di ambil tanpa disengaja

3. Gunakan Barang Sekitar sebagai penyangga kamera
Pergunakan barang barang yang ada di sekitar Anda untuk menyangga saat Anda mendapati tempat yang cocok di tempat destinasi, terutama saat kelupaan membawa tripod. Kita terkadang akan berhenti di tengah jalan saat melihat tempat yang bagus, dan sangat ingin kita abadikan melalui kamera, tentunya kita berada didalamnya.

4. Mainkan Teknologi. Gunakan Drone!
Drone memang menjadi salah satu alternatif ketika kita ingin berfoto secara full body dengan aktivitas kita, dan memang menjadi hal yang penting untuk menghindarkan diri dari komentar editing photo, terlebih jika kita bisa memanfaatkan drone untuk mengambil video. Namun tidak semua orang dapat melakukannya, terlebih harga drone yang mencapai puluhan juta. Tetapi jangan khawatir, sekarang banyak destinasi wisata yang menawarkan paket foto menggunakan drone bersama short video, yang membuat kita bisa nyaman dalam bergaya, dan tentunya pun memerlukan biaya untuk menyewanya.

Itulah 4 teknik pengambilan foto saat kita melakukan solo travel. Mungkin poin nomor 4 agak sedikit kita abaikan mengingat mengeluarkan biaya lebih bagi seorang backpacker tentunya menjadi pertimbangan utama, namun kita kita ingin menunjukkan keberadaan kita dan memang Anda adalah seorang publik figur ataupun selebgram, dan mungkin saja influencer wisata, maka cara nomor 4 bisa Anda gunakan untuk menunjukkan eksistensi siapakah diri Anda sebenarnya.

Untuk solusi nomor 1 sampai dengan nomor 3 adalah kegiatan yang sering kita lakukan, dengan belajar tentang mengatur jarak dan menjaga keseimbangan kamera yang kita bawa, serta keseimbangan antara diri Anda dengan latar belakang yang akan Anda ambil, maka ini menjadi suatu hal yang menarik yang bisa Anda lakukan, serta melatih kemampuan Anda dalam fotografi dan juga belajar mengatur intensitas waktu dan gerak dalam menggunakan timer, juga ketepatan dalam pengambilan barang barang sekitar untuk menjadi penyangga kamera Anda. Selamat berlibur, selamat ber-solo travel, dan jangan lupa bahagia.

About The Author

Reply