Tips Work From Home Di Tengah New Normal

Indonesia tengah membuka kelonggaran dalam beraktivitas bagi warga negaranya dengan mengambil opsi New Normal atau kenormalan baru atau tatanan kehidupan yang baru, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan, penerapan sosial dan physical distancing dan juga kewajiban menggunakan masker saat di luar rumah, dan juga menginstruksikan semua layanan pemerintah, tempat usaha untuk menyediakan handsanitizer dan juga thermogun untuk pemeriksaan awal sebelum masuk ke dalam kantor atau ruangan.

Namun, Pemerintah juga membatasi para pekerja yang masuk kantor dengan catatan diperbolehkan hanya usia 45 tahun ke bawah, selebihnya bagi yang berusia di atas 45 tahun mendapatkan keringanan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sebagai antisipasi langkah keselamatan dengan pertimbangan usia dan kesehatan. Namun tentunya tidak semuanya yang berusia 45 tahun ke atas melakukan WFH, ada juga yang tetap beraktivitas di kantor dengan mengambil langkah ekstra hati hati dan menjaga keselamatan diri, serta rutin melakukan pemeriksaan untuk keamanan.

Untuk yang sudah stay at home, maka sering kali merasakan hal jenuh dan juga bosan yang luar biasa, terlebih proses karantina mandiri dalam 3 bulan terakhir, ditambah karantina wilayah serta PSBB, kadang menjadikan mood dalam bekerja menjadi menurun. Apalagi jika ingin bertemu dengan rekan kerja dan sanak saudara hanya dapat melalui smartphone saja dengan aplikasi video call maupun video conference. Untuk mengatasi kesuntukan tersebut, maka beberapa tips ini dapat digunakan untuk mengembalikan mood yang hilang.

1. Bangun Rutinitas
Sepertinya hilangnya mood akan terobati dengan membuat jadwal rutinitas harian dengan variasi yang Anda sukai. Sebagai contoh, saat pagi hari, Anda bisa melakukan jogging di sekitar rumah, dan pada hari berikutnya Anda bisa melakukan cardio atau yoga. Saat bekerja, Anda bisa melakukan perpindahan tempat kerja, mulai dari meja kerja, ruang keluarga, teras depan rumah, atau bahkan di ruang tamu. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kebosanan di ruang yang sama dalam membangun mood serta memberikan kelancaran dalam bekerja.

2. Siapkan Makanan Variatif
Kopi, teh, yoghurt, susu, sirup, serta camilan yang Anda sukai dapat Anda gunakan sebagai pola makanan dan minuman yang bervariasi setiap hari, Anda bisa meminta anak, istri, suami, atau sistem rumah tangga dalam mengatur pola tersebut sehingga tidak akan terlihat monoton dalam sajian makanan setiap harinya. Anda juga bisa sesekali memesan delivery order sebagai selingan menu makanan dan minuman.

3. Pengaturan Jam kerja
Bagi anak sekolah, mungkin terdapat jam belajar di mana guru melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring melalui berbagai macam aplikasi seperti google classroom dan sebagainya, dengan jadwal yang telah ditentukan serta materi yang disesuaikan dengan kurikulum sekolahnya. Untuk para pekerja kantoran, Anda lebih leluasa mengatur jadwal dan waktu dalam bekerja, sehingga Anda tidak akan mengalami distraksi dengan membuat To Do List dengan baik.

4. Siapkan Jalur Komunikasi
Komunikasi antara Anda dengan rekan kerja dapat di variasikan baik menggunakan telepon langsung, atau banyak yang mengandalkan aplikasi Whatsapp dengan videocall-nya, serta jika ingin mengandalkan pertemuan yang melibatkan banyak orang, Anda bisa menggunakan aplikasi komunikasi Zoom maupun Webex untuk melakukan interaksi dengan rekan kerja, serta dapat digunakan sebagai saran rapat dan pertemuan online dengan para klien.

5. Atur Pola Istirahat
Sebagai pekerja yang WFH, maka secara waktu tidaklah sama saat Anda berada di kantor, dan ini data Anda siasati dengan mengatur ritme kerja Anda dengan beristirahat, sehingga target pekerjaan Anda hari itu dapat Anda selesaikan dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti, sehingga stamina tetap terjaga, mood tetap hidup, dan juga tidak mengalami iritasi atau gangguan pada mata karena terlalu banyak berhubungan dengan layar komputer maupun laptop.

Gunakan waktu Anda untuk mengatur kepentingan Anda dengan nyaman dan menyenangkan, serta Anda dapat menikmati bekerja dari rumah dengan pekerjaan yang dapat Anda selesaikan dengan baik.

About The Author

Reply