WHO Rilis Cara Hindari Covid-19 Di Tempat Kerja

Sejak wabah dari Tiongkok alias China menyebar hingga ke seluruh dunia, setiap hari kita akan selalu dan selalu mendengar update dari Pemerintah tentang berita Virus Corona beserta pengembangannya, baik yang reaktif, parawatan, sembuh, maupun meninggal, disertai dengan berita berita wilayah diberbagai bagian dunia yang terjangkit, penemuan jenis Covid baru, pelanggaran social & physical distancing, sampai pada peraturan pemerintah yang setiap 2 minggu selalu memberikan himbauan baru mengikuti perkembangan sebaran Corona, sampai kemunculan Karantina Mandiri, Karantina Wilayah, PSBB, sampai dengan wacana Lockdown. Dan sekarang sudah memasuki tahapan baru yaitu New Normal, atau Tatanan Kehidupan Baru yang segala sesuatunya akan diatur oleh pemerintah berserta dengan pihak kesehatan serta pengawasan ketat dari pihak keamanan untuk menjaga keselamatan warga negara.

Pemberlakuan New normal juga berlaku di tempat kerja, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk dalam kantor, mencuci tangan, dilarang berjabat tangan, sampai dengan menjaga jarak dengan rekan kerja, serta aturan lainnya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis cara untuk hindari Virus Corona ditempat kerja yang wajib diberlakukan, serta di sesuaikan dengan kondisi dan situasi negara masing-masing. Beberapa aturan yang dirilis antara lain:

1. Virus Corona menyebar melalui cairan tubuh manusia. Dengan ini kepada setiap orang untuk wajib membawa tisu dan juga masker untuk menghindari kontak fisik yang dapat menimbulkan munculnya cairan yang keluar dari tubuh serta mengenai orang lain tanpa disengaja, Terutama saat batuk dan bersin, khususnya di tempat umum.

2. Pastikan ruang kerja Anda bersih dan rapi, serta terdapat hand sanitizer dan juga jarak aman antara rekan kerja lainnya, dan rutin setiap beberapa hari disemprot disinfektan untuk menjaga kesterilan tempat kerja.

3. Persiapkan APD Mandiri mulai dari masker, tisu, hand sanitizer, serta obat pribadi untuk suplemen tubuh. Ini mulai sekarang wajib bagi Anda untuk membawanya, dan bukan hanya wanita saja, laki laki juga harus membawanya. Semua demi keamanan masing-masing.

4. Meningkatkan kesadaran orang lain akan bahaya Virus Corona dengan cara mengingatkan kembali pedoman untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta mematuhi imbauan pemerintah agar pandemi ini cepat selesai.

5. Istirahatkan tubuh jika sudah tidak fit lagi, untuk memberikan relaksasi dan juga waktu istirahat untuk tubuh kita yang memang 24 jam digunakan untuk bekerja, serta hanya beberapa jam saja dan tidak selalu rutin untuk waktu istirahatnya.

6. Hindari kegiatan dan aktivitas bepergian di luar rumah atau traveling terlebih dahulu, sebagai salah satu langkah untuk tetap menjaga social distancing dan menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Ingat, suhu tubuh yang mencapai batas minimal 37,3 derajat, harus mengasingkan diri alias Isolasi Mandiri selama 14 hari serta mengonsumsi obat atas anjuran pemerintah dan dokter untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga normal kembali.

7. Berikan dukungan, semangat, dan motivasi kepada yang sudah positif Covid-19 untuk sembuh, karena bukan hanya mereka saja yang berjuang sendirian untuk lepas dari jeratan Corona, namun juga butuh semangat dan dukungan dari tetangga, warga setempat, khususnya keluarga untuk dapat mempersembahkan yang terbaik, sehingga segala al positif akan membuat kesembuhan yang lebih cepat.

Menjaga higienitas tubuh mulai saat ini hingga selamanya harus dan wajib kita lakukan sekalipun Corona sudah hengkang dari muka bumi. Karena The Invisible Killer lainnya kita tidak akan pernah menduga dan tidak akan pernah tau kapan datangnya, serta melalui dan lewat mana persebarannya dilakukan.

Hal lain juga yang memang harus dan perlu di ingat bahwa, hadirnya virus ini juga memberikan kesadaran untuk kita terhadap pentingnya menjaga kesehatan diri dan juga membagi waktu dengan keluarga yang selama ini kita abaikan, kita acuhkan, hanya sekian persen saja, dan lebih fokus pada kegiatan kerja dengan dalih mencari rezeki untuk menghidupi anak istri, namun di tempat kerja malah lebih banyak santai dan berbincang dengan rekan kerja tanpa melakukan sesuatu yang baik sesuai dengan tugasnya.

Mulai sekarang sayangilah diri sendiri dan keluarga, dan jangan lupa bahagia.

About The Author

Reply